Desain adalah proses untuk
menentukan kondisi belajar. Tujuan desain ialah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro, seperti program dan kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pelajaran dan modul. Kawasan desain dalam
Teknologi Pendidikan paling
tidak meliputi empat cakupan utama (AECT, 1994) yaitu :
a.
Desain
Sistem Pembelajaran
Adalah
prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah-langkah penganalisaan,
perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran.
b.
Desain
Pesan
Desain
pesan meliputi “perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan”
(Grabowski, 1991 : 2006). Hal tersebut mencakup prinsip-prinsip perhatian,
persepsi dan daya serap yang mengatur penjabaran bentuk fisik dari pesan agar
terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima.
c.
Strategi
Pembelajaran
Strategi
pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa
belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran.
d.
Karakteristik
Pebelajar
Karakteristik
pebelajar adalah segi-segi latar belakang pengalaman pebelajar yang berpengaruh
terhadap efektivitas proses belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar