Education For All

Kamis, 01 November 2012

Penerapan Teknologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran


Selama ini yang paling dikenal dalam masyarakat tentang teknologi pendidikan ialah penggunaan media pembelajaran dalam kelas. Berdasarkan kerucut pengalamanEdgar Dale, dapat dipahami bahwa tidak hanya media yang merupakan perwujudan teknologi pendidikan, melainkan juga cara atau strategi dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting dalam teknologi pendidikan.
Penggunaan media pembelajaran hanyalah salah satu bentuk dari peran teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran. Media digunakan untuk memudahkan menyampaikan pesan atau materi pembelajaran, misalnya media gambar, media sederhana, kaset/cd pembelajaran (audio), video pembelajaran, dan multimedia pembelajaran.
Disisi lain, yang tidak kalah pentingnya dari penggunaan media dalam proses pembelajaran adalah perancangan kegiatan pembelajaran atau yang lebih dikenal dengan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yaitu cara yang digunakan untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran. Strategi pembelajaran contohnya pembelajaran aktif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran akselerasi, dan lain sebagainya.
Media pembelajaran tidak selamanya berfungsi efektif tanpa adanya strategi yang cocok dalam proses pembelajaran. Begitupun sebaliknya, strategi pembelajaran belum tentu efektif tanpa adanya media pembelajaran. Oleh karena itu, dalam prosesnya media pembelajaran dapat digabungkan pemanfaatannya dalam strategi yang disusun untuk pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar